Iklan Berbayar

Ajak Anak Bergerak Agar Tulangnya Tetap Kuat

Jakarta, Kesehatan tulang sering kali terlupakan. Sebagian dari kita menyiasatinya dengan mengonsumsi susu yang memang memiliki kandungan kalsium yang tinggi demi menjaga kesehatan.

Namun faktanya, kesehatan tulang tidak hanya dijaga dengan mengonsumsi kalsium saja. Penelitian dari Amerika mengungkapkan bahwa kesehatan tulang dapat terjaga dengan sering melakukan aktivitas fisik sejak kecil. Benarkah?

"Ketika Anda melakukan aktivitas fisik ketika anak-anak dan diakumulasi, Anda akan memiliki tulang yang lebih sehat ketika remaja," tutur Kathleen Janz, peneliti dari University of Iowa, seperti dikutip dari Reuters, Senin (9/6/2014).



Penelitian dilakukan kepada 530 anak yang direkrut pada tahun 1998-2002 ketika berumur 5 tahun. Setelah pada umur 8, 11, 13, 15 dan 17, mereka diberi alat yang bernama accelerometer selama satu minggu untuk mengukur aktivitas fisik yang mereka lakukan.

Ketika mereka berusia 17 tahun, peneliti menggunakan alat pemindai tulang untuk mengukur kepadatan, kekuatan dan kerapuhan tulang mereka. Mereka juga menggunakan alat yang sama untuk melihat bagaimana bentuk tulang para partisipan.

Hasilnya, ketika masih anak-anak, kurang dari 6 persen perempuan yang aktif, dan ketika remaja hampir semuanya tidak pernah melakukan aktivitas fisik. Sementara itu, laki-laki memang mengalami penurunan namun tetap ada aktivitas fisik minimal 36 menit per hari.

Janz mengatakan bahwa idealnya, anak-anak tetap akitf dan menjaga aktivitas emreka hingga tua. Akan tetapi memang penelitian membuktikan bahwa semakin tua aktivitas fisik semakin berkurang. Untuk itu, Janz menyarankan agar orang tua memaksimalkan aktivitas fisik anak selama masih anak-anak.

"Tidak terlalu sulit membuat anak menjadi aktif, namun hal ini bisa berubah ketika mereka remaja. Remaja dan anak-anak memiliki cara yang berbeda untuk menghabiskan waktu senggang mereka," ungkap Janz.

(up/up)

Sumber  :
http://health.detik.com/read/2014/06/09/133006/2602914/764/ajak-anak-bergerak-agar-tulangnya-tetap-kuat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Arsip Blog